Login/Join

Pietro Anastasi, Pencetak Gol Termuda Partai Final Euro

Catatan perjalanan Piala Eropa memang menarik untuk dikulik. Termasuk membicarakan rekor Pietro Anastasi, pesepakbola dunia ini merupakan pemain termuda yang berhasil mencetak gol pada final Euro 1968. Hingga saat ini, rekor tersebut tidak ada yang dapat memecahkan.

Pietro Anastasi merupakan penyerang legendaris Juventus yang menjadi bintang di Piala Eropa edisi ketiga yang diselenggarakan di negaranya, Italia. Rekor Pietro Anastasi ini dia torehkan ketika masih berusia 20 tahun dan masuk dalam skuat Gli Azzurri ketika dia masih memperkuat tim asal Serie B Varese.

Pemilihannya untuk masuk dalam skuad Timnas Italia saat itu pernah menjadi perbincangan karena statusnya yang masih pemain muda dan hanya berlaga untuk Serie B. Di babak laga semifinal, Anastasi hanya berada di bangku cadangan saat timnas Italia berhasil atas Rusia lewat pelemparan koin. Pada babak final pertama, Anastasi bahkan tidak masuk dalam skuad oleh pelatih Ferruccio Valcareggi ketika Italia imbang dengan Yugoslavia dengan skor 1-1.

Akan tetapi, kesempatan didapat Anastasi saat partai ulangan final Euro 1968 yang dilaksanakan tiga hari setelahnya. Pada partai final yang dilakukan di Stadio Olimpico, Anastasi menjadi starter bekerja sama dengan striker senior Luigi Riva. Lewat kinerjanya, Anastasi membuktikan bahwa apa yang dilakukan pelatih Valcareggi tidak salah.

Dia berhasil menekan keberhasilan Italia di menit 31 lewat golnya ke gawang Illija Pantelic. Ketika melakukan sepakan, Anastasi merupakan satu-satunya pemain termuda yang berhasil menciptakan gol di partai final di mana pada saat itu dia masih berusia 20 tahun dan menjadi rekor yang abadi hingga jelang Piala Eropa 2016 menjelang.

Berkat rekor Pietro Anastasi di final Euro 1968, hingga turnamen Piala Eropa usai, Anastasi banjir tawaran untuk pindah ke Juventus. Selama delapan tahun dia menghabiskan karirnya di kota Turin dengan membukukan total 189 gol bagi si Nyonya Tua. Sungguh prestasi yang hebat!

Penulis: | 15 April 2016 | Berita Euro 2016