Login/Join

Ini Kiper Terbaik Sepanjang Masa Timnas Republik Ceko

Nama Petr Cech selalu dikenal sebagai salah satu sosok kiper terbaik dunia. Semenjak masuk dalam Chelsea dari Rennes di tahun 2004 lalu, Cech merupakan salah satu ikon penjaga gawang sampai saat ini, dimana dia sudah banyak memperoleh banyak trofi untuk domestik sampai trofi Internasional seperti Liga Champions.

Petr Cech yang berasal dari Ceko ini juga aktif dalam memperkuat Timnas Republik Ceko sejak tahun 2002. Akan tetapi, prestasi di level klub tidak sama dengan level Timnas. Hal yang terbaik yang dia dapatkan bersama timnas adalah berlaga sampai babak perempat final Piala Eropa 2012 di Polandia dan Ukraina yang lalu. Selain Cech ternyata ada pemain senior di timnas yang mempunyai prestasi yang hebat, Petr Kouba.

Petr Kouba merupakan salah satu kiper terbaik dunia yang populer di Republik Ceko. Namanya terkenal sejak membela klub Ceko, Sparta Praha di tahun 1991-1996. Dengan Sparta Praha, Koubasecara mengejutkan sukses membawa negaranya dengan prestasi besar di dunia dalam ajang Piala Eropa 1996.

Sejak berpisah dari Cekoslovakia di tahun 1992, Republik Ceko langsung terkenal lewat sepakbolanya. Mereka tampil mengesankan di babak knockout Euro 1996 setelah finish di posisi kedua Grup C, di bawah Jerman yang waku itu menjadi juara grup. Pada babak ini, mereka mengalahkan Portugal dengan skor 1-0.

Kouba menjadi pahlawan dala laga ini setelah berhasil menghalau setiap peluang yang dilakukan penyerang top Portugal seperti Rui Costa. Kejayaan Kouba semakin terlihat pada laga semifinal saat ia menangkis tendangan penalti Reynald Pedros sekaligus membawa Ceko ke partai final Euro 1996 kontra Jerman. Pada babak final, Kouba kurang beruntung ketika Oliver Bierhoff menciptakan golden goal pada 5 menit babak tambahan.

Sampai saat ini, prestasi Petr Kouba dan Timnas Republik Ceko dalam Piala Eropa 1996 belum dapat dikalahkan oleh para penerusnya, termasuk Petr Cech. Kini, salah satu kiper terbaik dunia ini menjadi asisten pelatih Timnas U-20 dan U-21.

Penulis: | 11 April 2016 | Berita Euro 2016