Login/Join

Mantan Bek Tangguh Ini Ingin Tangani ‘Setan Merah’

Dalam sejarah Manchester United, mereka pernah memiliki bek kokoh bernama Jaap Stam. Bagaimana jika suatu hari, Stam akan menjadi pelatih mereka. Stam adalah pemain yang debut di United setelah direkrut oleh Sir Alex Ferguson, pada awal musim 1998/1999 dari PSV Eindhoven. Pembelian Stam cukup krusial karena saat itu, The Red Devils tidak memiliki banyak pemain tangguh di lini belakang.

Tak berselang lama, Jaap Stam langsung mencuri perhatian dengan menjadi andalan pada lini belakang Manchester United. Ia selalu dimainkan dengan Ronny Johnsen atau Henning Berg. Stam juga yang menjadi salah satu alasan United dapat memperoleh treble di penghujung musim saat itu.

Namun sayang, karir Stam di United tidak berujung manis. Setelah berlaga dalam tiga musim, ia terkena skandal karena memberi kritikan pada Ferguson dalam biografinya, Head to Head, hal ini membuat Ferguson menjadi marah. Pada musim 2001/2002, Stam akhirnya dilepas ke Lazio. Walau akhirnya, Ferguson mengakui tindakannya salah pada waktu itu.

Stam saat ini menjadi asisten pelatih di Ajax Amsterdam. Tahun lalu, ia lulus dalam kursus untuk memperoleh lisensi dalam melatih. Niatnya kini adalah menjadi pelatih untuk klub di Inggris. Setelah mendapat pengalaman, dia ingin menjadi pelatih bagi Manchester United.

Stam sempat dirumorkan akan menjadi pelatih Ajax, jika Frank de Boer hengkang dari klub pada akhir musim ini. Namun, sepertinya Stam belum memberikan keputusan final. Dia juga tidak memberikan tanggapan pasti mengenai rumornya di Ajax untuk musim mendatang.

Jaap Stam memiliki ambisi yang kuat ke depannya. Dia ingin segera berpengalaman dalam mengurus tim utama. Bahkan untuk meraih ambisinya ini, dia rela menunggu hingga akhir musim nanti. ” Saya ingin selalu mengembangkan potensi dan menjadi pelatih tim di Inggris. Saya sudah berbicara dengan tim Ajax bahwa saya setelah kontrak saya selesai, saya ingin mengejar ambisi saya, nanti kita lihat di musim depan, ” kata Stam.

Penulis: | 18 Maret 2016 | Berita Bola