Login/Join

Sudah Gagal Lolos, Belanda Kini Siap Dituntut Bayar Kompensasi Rp 200 Milyar

Belum redadukanya tim oranye, Belanda, akibat gagal lolos ke putaran final Euro 2016 Prancis, kini satu permasalahan muncul. Tim Oranye harus siap-siap merogoh kocek sebesar Rp 200 Milyar akibat cederanya kiper Tim Krul dan harus istirahat sampai Agustus 2016. Loh kok bisa? Begini penjelasannya.

Cedera yang dialami oleh kiper Belanda tersebut tentu merugikan pihak klub pemilik Krul, dalam hal ini adalah Newcastle United. Oleh karena itu Newcastle United boleh mengajukan tuntutan untuk ganti rugi atau kompensasi atas cederanya pemain mereka. Apalagi posisi Krul di tim Newcastle United sangat dibutuhkan. Ini jelas sebuah kerugian besar untuk klub Inggris tersebut.

Namun Belanda tak perlu pusing, karena dalam prakteknya, kompensasi tersebut akan dibayarkan oleh FIFA, yang mempunyai kepentingan aagar klub-klub mau meminjamka pemain mereka untuk laga-laga internasional dan acara-acara FIFA.

Krul sendiri diperkirakan akan absen sampai agustus mendatang, itu artinya jangka waktu istirahat Krul hampir satu musim penuh. Sang kiper mengalami cedera robek ligamen anterior lutut saat membela Belanda pada kemenangan atas Kazakhstan di kualifikasi Euro 2016, Sabtu akhir pekan lalu.

Meski nantinya mendapat kompensasi, tentu itu tetap saja merugikan klub. Pasalnya Krul saat ini merupaka andalan pasukan Steve McClaren. Belum lagi Newcastle United saat ini terjerembab di dasar klasemen dan belum pernah mencicipi kemenangan sekalipun di liga musim ini. Duh Pusing deh kepala Steve McClaren.

Adapun jumlah kompensasi sebesar Rp 200 Milyar adalah hasil dari perhitungan gaji pemain yang harus dibayarkan sementara si pemain harus beristirahat di pertandingan internasional.”

Penulis: | 16 Oktober 2015 | Berita Bola