Login/Join

Inilah 10 Transfer Termahal Liga Spanyol Musim Panas 2015

Beberapa hari lalu jendela transfer musim panas secara resmi telah ditutup. Tidak ada klub manapun yang boleh melakukan transaksi jual beli pemain. Di detik-detik akhir penutupan, Real Madrid gagal mendapatkan kiper David de Gea dari Manchester United lantaran telat mengirimkan berkas. Hal tersebut lantas menjadi sorotan sehingga FIFA pun turun tangan untuk menyelidiki kasus itu. Meskipun demikian, banyak juga klub-klub kontestan Liga Spanyol yang telah merampungkan proses jual belinya.

Dari keseluruhan rangkaian transfer musim panas ini, nama Mateo Kovacic menjadi pemain termahal dalam bursa transfer Liga Spanyol musim panas 2015. Pemain yang didatangkan Real Madrid dari Inter Milan ini tercatat sebagai pembelian termahal pada bursa transfer La Liga Spanyol musim panas 2015 dengan bandrol sebesar 35 juta euro. Namun rekor Kovavic juga disamai oleh Jackson Martinez. Pemain ini juga memiliki bandrol yang sama dengan Kovavic. Martinez diboyong oleh Atletico Madrid dari FC Porto dengan bandrol 35 juta euro.

Pembelian pemain termahal, tak lantas membuat Real Madrid dan Atletico menjadi klub terboros pada bursa transfer kali ini. Ternyata yang paling banyak mengeluarkan kocek pada bursa transfer kali ini adalah Valencia. Klub ini tercatat sebagai klub yang paling boros pada bursa transfer musim panas ini. Hal ini didasari oleh keberhasilan Valencia kembali tampil di ajang bergengsi Liga Champions. Los Che pun melakukan perombakan dengan mendatangkan sejumlah pemain anyar. Total mereka menghabiskan dana 142 juta euro (sekitar Rp 2,26 triliun) untuk mendatangkan 9 pemain baru, belum termasuk yang berstatus pinjaman.

Sementara itu di urutan kedua terboros ada nama Atletico Madrid yang telah mengeluarkan kocek sebesar 139,5 juta euro pada musim panas ini. Meskipun terboros kedua, namun Atletico menjadi klub dengan pemasukan tertinggi. Selama bursa transfer kali ini mereka berhasil meraup kocek sebesar juta euro, hasil dari penjualan Arda Turan, Mario Mandzukic, dan sejumlah nama lain ke sejumlah klub.

Tercatat sepanjang bursa transfer musim panas 2015 ini, terjadi jual beli pemain sebanyak 298 pemain di La Liga Spanyol dengan nilai total pembelian mencapai 572,95 juta euro.

Berikut adalah daftar 10 pemain termahal La Liga Spanyol pada bursa transfer musim panas 2015:

1. Mateo Kovacic, 35 juta euro (Inter ke Madrid)
2. Jackson Martinez, 35 juta euro (Porto ke Atletico)
3. Arda Turan, 34 juta euro (Atletico ke Barcelona)
4. Danilo, 31,5 juta euro (Porto ke Madrid)
5. Rodrigo, 30 juta euro (Benfica ke Valencia)
6. Alvaro Negredo, 28 juta euro (Man City ke Valencia)
7. Stefan Savic, 25 juta euro (Fiorentina ke Atletico)
8. Yannick Ferreira Carrasco, 20 juta euro (Monaco ke Atletico)
9. Luciano Vietto, 20 juta euro (Villarreal ke Atletico)
10. Aleix Vidal, 17 juta euro (Sevilla ke Barcelona)

Penulis: | 4 September 2015 | Berita Bola