Login/Join

Pedro, Anak Asli Binaan Akademi Barcelona Junior Yang Berlabel Termahal

Barcelona nampanya cukup lihai dalam mempertebal kantong kas mereka. Terbukti klub Catalan mampu menjadi suplayer pemain untuk tim-tim besar lainnya. Tentu metode andalan mereka adalah pembinaan sejak dini melalui akademi mereka yang tersohor La Masia.

Sejak dulu La Masia terkenal sering mejebolkan nama-nama beken di kancah sepakbola dunia. Satu lagi nama yang mencuat adalah Pedro, pemain ini sudah tak berseragam Barca lagi, melainkan Chelsea. Keputusan Barca menjual Pedro ke Chelsea tentu tak akan mengurangi daya gedor Barca musim ini, karena di barisan depan mereka masih memiliki sejumlah nama angker seperti Neymar, Messi, Suarez, Rakitic, Iniesta dll. Malahan dengan menjual Pedro, Barca berhasil meraup rejeki yang berlimpah ruah.

Pedro dijual ke Chelsea dengan bandrol Rp 465 Milyar. Jelas ini menjadi untung besar bagi Barca lantaran Pedro merupakan anak asli didikan akademi mereka. Nama Pedro pun tercatat sebagai produk akademi Barca yang memiliki nilai jual tertinggi dalam sejarah 116 tahun klub.

Ada satu nama lagi produk binaan asli Barca yang harganya di atas Pedro, yakni Cesc Fabregas. Fabregas berhasil dijual dengan harga Rp 511,3 Milyar, tetapi dua tahun sebelumnya Barcelona harus merogoh kocek sedalam Rp 527 Milyar untuk mengontraknya dari Arsenal.

Biaya transfer Pedro melampaui harga Rp 387,5 Milyar yang dibayarkan Bayern Munchen untuk Thiago dan Rp 232,5 yang dibayarkan Lazio untuk De La Peña pada tahun 1998. Sementara itu salah satu anak emas Barca, Bojan, diboyong Roma cuma dengan bandrol sebesar Rp 186 Milyar.

Transfer Pedro juga melampaui penjualan sejumlah nama besar lain seperti Ronaldo de Lima alias Ronaldo Brasil (Rp 418,5 Milyar), Alexis Sánchez (Rp 403 Milyar), Ronaldinho (Rp 387,5 Milyar), Zlatan Ibrahimovic (Rp 372 Milyar) dan Sonny Anderson (Rp 279 Milyar).

Pedro pun sudah kenyang gelar bersama Barca. Tercatat ia telah memenangkan 20 titel bagi klub Catalan. Ia pertama kali masuk binaan Barca pada saat usianya masih 17 tahun. Kala itu Barca mendatangkan Pedro dari klub Raquí San Isidrio. Sebelas tahun kemudian, dia pergi meninggalkan klub dengan 20 gelar dan memberi uang Rp 465 Milyar bagi Barcelona.

Penulis: | 22 Agustus 2015 | Berita Bola