Login/Join

Kalah di Piala Super Spanyol, Barca Sukses Bikin Catatan Kelam Terbaru

Laga Piala Super Spanyol di San Memes sukses mencatatkan catatan kelam baru bagi sang Jawara Eropa, Brrcelona. Pasalnya dalam laga tersebut, mereka dibantai tanpa ampun oleh lawannya, Atletic Bilbao dengan skor telak 4-0. Ini menjadi kali pertama bagi Barca kebobolan 8 gol dalam sua laga sejak tahun 2001 silam. Siapa sangka Barca yang begitu ditakuti di Eropa, harus takluk di tangan Bilbao. Padahal selangkah lagi, Barca menambah koleksi trofi terbarunya.

Barca sukses menambah catatan kelam mereka, khususnya di era kepelatihan Luis Enrique. Mereka kebobolan tiga gol hanya dalam rentang waktu tiga hari setelah tiga hari sebelumnya mereka juga kebobolan empat saat lag menghadapi Sevilla di ajang Piala Super Eropa.

8 gol dalam dua pertandingan bisa jadi merupakan pertanda bahwa lini belakang Barca begitu rapuh. Maka dari itu sang manajer, mungkin harus memperbaikinya dengan segera sebelum kompetesi La Liga dimulai. Jika dilihat dari segi susunan pemain, lini belakang Barca tak ada yang berubah dari skuad yang membawa mereka meraih treble winners musim lalu. Mungkin saja Barca perlu mendatangkan beberapa nama baru untuk merefresh dan memperkuat barisan pertahanan mereka.

Lini belakang yang keropos tentu sangat berbanding terbalik dengan barisan depan mereka. Barca memiliki barisan depan yang dihuni oleh tiga penyerang ganas seperti Messi, Neymar dan Suarez. Hanya saja dalam laga Piala Super Spanyol kemarin, barisan penyerang Barca seakan jadi macan ompong. Barisan belakang Bilbao mampu mempergakan permainan yang apik dan disiplin dalam menjaga garis pertahanan mereka. Alhasil trio MSN pun dibuatnya tak berkutik.

Keempat gol Bilbao lahir dari dua orang pemain saja. Yang pertama, satu gol dicetak oleh di menit ke 13 babak pertama. Sedangkan tiga gol lainnya diborong oleh satu nama yakni Aritz Aduriz.

Kebobolan 8 gol dalam dua laga seakan menjadi kilas balik musim 2000-01, Kala itu gawang Barca juga dikoyak 8 gol dalam dua laga beruntun. Kisah tersebut tersaji pada April 2001 ketika melakoni pertandingan pekan ke-29 dan 30 La Liga melawan Villarreal dan Real Zaragoza. Dan kekalahn 4-0 atas Bilbao membuat mimpi Barca untuk meraih 6 gelar dalam satu tahun terasa semakin berat. Pasalnya jika Barca ingin mengangkat trofi Piala Super Spanyol, mereka harus bisa membalikkan agregat sementara. Dengan kata lain, Barca perlu menang 5-0 atas Bilbao di leg kedua yang akan digelar di Camp Nou.

Penulis: | 17 Agustus 2015 | Berita Bola