Login/Join

Inilah Klub Peraih Gelar Internasional Terbanyak Sepanjang Sejarah

Sukses Barcelona merengkuh gelar juara Piala Super Eropa berbuntut pada sejumlah rekor baru yang diciptakan oleh tim Catalan tersebut. Usai pertandingan pamungkas Piala Super Eropa yang mempertemukan antara Jawara Liga Champions, Barcelona berhadapan dengan jawara Liga Europa, Sevilla, telah menciptkan setidaknya tiga rekor baru bagi La Blaugrana.

Rekor pertama yang diciptakan oleh La bLaugrana datang dari rekor indivdual. Salah satu pemainnya, Dani Alves mencatatkan diri sebagai pemain yang paling sering memenangi gelaran Piala Super Eropa. Menariknya lagi, ia sama-sama pernah memenangi gelar tersebut bersama klubnya saat ini, Barcelona dan sang lawan Sevilla. Sebelumnya Alves sudah perna memenangi Piala Super Eropa bersama klub lamanya, Sevilla, dan menariknya tim yang dulu dikalahkan adalah Barcelona. Dan kini kondisinya pun seakan berbalik, Alves bermain di Barca dan berhasil mengalahkan eks timnya, Sevilla.

Selain rekor individual, Barca juga mencatakan diri sebagai tim yang paling sering memenangi Piala Super Eropa. Ia kini sejajar dengan tim raksasa Italia, AC Milan. Kedua tim ini sama-sama memenangi Piala Super Eropa sebanyak lima kali. AC Milan menjadi jawara Super Cup UEFA, yakni pada tahun 1989, 1990, 1994, 2003, 2007, selain dua kali runner up pada tahun 1973 dan 1993. Sedangkan Barca menjadi juara Super Eropa masing-masing pada tahun 1992, 1997, 2009, 2011 dan yang terbaru tahun 2015 ini.

Selain rekor tersebut, yang paling fantastis adalah Barcelona kini menjadi tim dengan torehan gelar Internasional paling banyak sepanjang sejarah.

Sejauh ini tercatat La BLaugrana telah memenangi sebanyak 21 gelar internasional. Rekor tersebut bahkan kini menyalip pencapaian Real Madrid, AC Milan dan Al-Ahly. 21 gelar tersebut masing-masing berupa 5 European Cup/Liga Champions, 5 Piala Super Eropa, 4 UEFA Cup Winners’ Cup, 3 Inter-Cities Fairs Cup (sekarang Liga Europa), 2 Latin Cup dan 2 Piala Dunia Antarklub FIFA. Dan Barca pun masih berpeluang untuk menambah satu gelar Internasional dalam waktu dekat ini. Di akhir tahun nanti Barca akan bermain di laga Piala Dunia Antar Klub FIFA. Turnamen ini akan berlangsung pada bulan Desember yang bertempat di Jepang. Turnamen yang diikuti oleh delapan tim juara dari setiap konfederasi sepakbola dan plus satu wakil tuan rumah.

Penulis: | 14 Agustus 2015 | Berita Bola