Login/Join

Piala Super UEFA Pecahkan Dua Rekor Baru

Super Cup UEFA telah usai digelar. Barcelona berhasil menjadi juara setelah dalam partai pamungkas mengalahkan Sevilla dengan skor super ketat 4-3. Sejumlah rekor pun pecah usai laga tersebut. Ada rekor individual, ada pula rekor tim. Yang jelas Barcelona telah mengukuh diri sebagai yang terbaik senatero Eropa.

Sukacita pun lantas menghiasi ruang ganti pemain Barca usai laga. Dalam laga tersebut, nama Dani Alves muncul dengan rekor fantastisnya. Pemain Brasil tersebut berhasil menyamai rekor legenda bek AC Milan Paulo Maldini sebagai pemain yang paling banyak memenangkan Super Cup Eropa.

Menariknya lagi, Alves pertama kali memenangkan Piala Super Cup Eropa ketika masih membela Sevilla, dan lebih ironisnya lagi saat itu ia membawa Sevilla menghempaskan klubnya saat ini, Barcelona di partai puncak dengan skor 3-0 pada tahun 2006. Sebelum alves bergabung dengan klub Catalan, ia telah memenangi Piala Super Cup Eropa sebanyak dua kali. Satu trofi ia dapatkan saat mengalahkan Shakhtar Donetsk pada tahun 2009 dan satu trofi lagi ia dapatkan usai mengalahkan juara Liga Europa tahun 2011, FC Porto. Dan kini Alves menambah satu trofi lagi dengan mengalahkan eks klub yang juga melambungkan namanya, Sevilla.

Kini nama Alves bersanding dengan bek legendaris AC Milan, Paulo Maldini yang juga memenangi empat kali Piala Super Eropa. Sejatinya Milan memenangi Super Eropa sebanyak lima kali, hanya saja saat partai final tahun 2007, Maldini tidak ambil bagian lantaran cedera.

Selain rekor pribadi, kemenagan Barca juga menciptakan rekor tim. Barca kini menyamai rekor AC Milan sebagai tim terbanyak memenangi Piala Super Eropa. Barca kini menyandingkan diri sejajar dengan AC Milan dengan sama-sama memenangi Super Eropa sebanyak lima kali.

Sebelum ini, AC Milan adalah klub yang paling sering merebut Super Cup UEFA, yakni pada tahun 1989, 1990, 1994, 2003, 2007, selain dua kali runner up pada tahun 1973 dan 1993.

Sedangkan Barca menjadi juara Super Eropa masing-masing pada tahun 1992, 1997, 2009, 2011 dan yang terbaru tahun 2015 ini. Sola urusan runner up, Barca tercatat lebih sering dengan catatan empat kali runner up.

Di urutan berikutnya ada nama The Reds, Liverpool yang pernah menjadi juara sebanyak tiga kali : 1997, 2001, dan 2005. Sedangkan sang rival abadi Barca, Real Madrid baru dua kali memenangi Piala Super Eropa yakni pada tahun 2002 dan 2014. Tahun lalu mereka mengalahkan juara Liga Europa yang sama, Sevilla.

Piala Super UEFA adalah laga yang mempertemukan juara Liga Champions dengan juara Liga Europa.

Penulis: | 13 Agustus 2015 | Berita Bola