Login/Join

Nike Tak Lagi Jadi Sponsor Manchester United

Manchester United dikabarkan sudah tidak lagi menjalin hubungan kerja sama dengan apparel brand olahraga kenamaan dunia asal Amerika Serikat, Nike. Kabar tersebut sekaligus menepis spekulasi seputar perpanjangan kontrak kerjasama antara MU dan Nike.

Nike merupakan sponsor resmi untuk jersey Manchester United untuk beberapa periode silam. Kedekatan antara keduanya pun selayaknya sebuah pasangan yang tak bisa dipisahkan. Awalnya diyakini bahwa Nike dan MU berpisah atas kesepakatan bersama. Namun belakangan baru diketahui penyebabnya adalah pihak Nike tak mau memenuhi tuntutan MU.

Padahal musim lalu, MU telah mengamankan kesepakatan jangka panjang selama 10 tahun dengan angka kontrak mencapai nominal Rp 15 Trilyun. Itu untuk kerja sama dalam penggunaan logo Nike pada jersey MU. Hanya saja tuntutan MU kemudian berubah.

Awalnya keduanya sepakat bahwa pembagian laba atau untung dari penjualan merchandise adalah dibagi rata 50/50. Tetapi MU kemudian merubah kebijakan kontraknya dengan menginginkan keuntungan 100% dari hasil penjualan. Terang saja Nike keberatan dengan tuntutan MU tersebut. Produsen produk olahraga terbesar di dunia tersebut apalagi mereka merupakan pihak yang akan menggelontorkan dana sponsorship mecapai Rp 15 Trilyun yang merupakan rekor dunia harga kontrak hubungan sponsorship dengan sebuah klub.

Melihat hal tersebut pihak Nike tentu tak akan mendapatkan untung dari kerjasama mereka dengan Setan Merah. Tak ada pilihan lain bagi Nike selain mengakhiri kerjasama mereka dengan Manchester United.

Mu pun seakan tak mau ambil pusing. Klub kaya raya tersebut seakan menegaskan bahwa kendali ada di pihak mereka. Nike boleh saja cabut dari kerjasama sponsorship, namun bukan berarti tak ada yang mau berinvestasi kepada MU. Setelah berkahirnya hubungan kerjasama anatar Nike dan MU, kabarnya klub yang memiliki basis masa terbesar di dunia tersebut telah mencapai kesepakatan kerjasama yang baru dengan produsen olahraga saingan Nike asal Jerman, Adidas.

Bahkan toko-toko merchandise resmi milik MU telah memasang tarif diskon sebsar 60% untuk menghabiskan stok lama mereka yang masih berlogo Nike dana akan segera memasang mercandise baru dengan logo yang baru yakni Adidas.

Penulis: | 25 Juli 2015 | Berita Bola