Login/Join

Yuk Intip Neraca Keuangan Liverpool Saat Ini

Liverpool menjadi tim tergahar dalam perburuan pemain musim panas ini. Tercatat tim yang berjuluk The Reds ini telah mendatangkan enam nama baru ke dalam skuadnya musim panas ini. Ini sangat berbeda dengan musim-musim sebelumnya dimana. Musim lalu misalnya Liverpool memilih merugi untuk pembelian pemain. Dan pembelian pemain Liverpool kemungkinan akan bertambah mengingat Klub Mersey Side tersebut masih mematok beberapa nama menjadi target incaran mereka selajutnya. Apakah belanja besar-besaran Liverpool kali ini membawa kerugian finansial?

Jika dihitung-hitung, pembelian enam pemain baru tentu akan menguras kantong Liverpool. Nah bagi anda yang penasaran sebarapa besar sih kekuatan finansial Liverpool saati ini. Berikut ini kami berikan rincaian laba Liverpool dari hasil jual beli pemain.

PENGELUARAN:

Roberto Firmino (Hoffenheim, Rp 604 Milyar)
Joe Gomez (Charlton, Rp 73 Milyar)
Nathaniel Clyne (Southampton, Rp 261)
Danny Ings (free agent, belum ada info soal biaya yang harus disepakati)
Adam Bogdan (Gratis)
James Milner (Gratis)
Total: Rp 938 Milyar

PENDAPATAN:

Raheem Sterling (Manchester City, Rp 1,02 Trilyun*)
Sebastian Coates (Sunderland, Rp 83,3 Milyar)
Iago Aspas (Sevilla, Rp 91,7 Milyar)

keterangan:
* 20% dari Rp 1,02 T, yakni sebesar Rp 200 Milyar diyakini menjadi milik QPR sebagai bagian dari klausul penjualan kembali.

Total: Rp 1,013 Trilyun.
Selisih labanya kira-kira Rp 75 Milyar.

Jadi Liverpool masih memiliki laba sekitar Rp 75 Milyar. Nampaknya penjualan Raheem Sterling sangat banya membantu keuangan Liverpool musim panas ini.

Musim ini LIverpool baru belanja pemain total Rp 938 Milyar. Masih jauh lebih boros musim lalu dimana Liverpool menggelontorkan dana sebesar Rp 2,4 Trilyun untuk membeli pemain baru yang dianggap bisa mengangkat prestasi tim. Musim lalu Liverpool sebenarnya mendapat suntikan dana yang cukup besar hasil dari penjualan Luis Suarez ke Barcelona dengan nominal mencapai Rp 1,5 Trilyun. Hanya saja pembelian sejumlah pemain baru membuat Liverpool merugi sebanyak Rp 375 Milyar. Itu adalah musim pertama Brendan Rodgers masuk sebagai manajer Liverpool.

Penulis: | 23 Juli 2015 | Berita Bola