Login/Join

Ini Dia Pada Kandidat Calon Presiden Baru Barcelona

Barcelona sebentar lagi akan menggelar pemilihan umum untuk sebuah posisi paling bergensi di klub jawara eropa tersebut. Ya, Barca tengah bersiap menyambut pemilu calon Presiden batrunya yang akan digelar pertengahan Juli ini. Sudah ada beberapa nama calon kandidat yang mencalonkan diri. Dan beberapa diantarany adalah tokoh lama yang sudah dikenal publik Catalan. Siapa saja kandidat calon presiden baru Barcelona? Yuk kenalan dulu.

Josep Maria Bartomeu
Ya, nama satu ini tentu tak asing lagi di telinga kita. Ia adalah presiden Barca periode lalu. Bartomeu menajdi presiden Barca menggantikan posisi Sandro Rosell mengundurkan diri pada tahun 2014 di tengah kontroversi atas penyimpangan keuangan dalam transfer Neymar. Dalam waktu kepemimpinan yang cukup singkat, Bartomeu nampaknya masuk menjadi presiden Barca di saat yang menguntungkan, karena musim lalu, Barca berhasil mememnankan treble winners bersejarah. Ini mungkin akan menjadi nilai plus bagi Bartomeu. Namun ia tak boleh jumawa karena masih ada lawan-lawan lainnya yang cukup berpotensi untuk menduduki singgasana tertingi di Barcelona. Dan salah satu saingan beratnya adalah……

Joan Laporta
Ya, Laporta juga tak asing lagi bagi publik Barca. Ia merupakan eks presiden Barca pada periode 2003-2010. Jika anda seorang penggemar sejati Barca, tentu anda tahu apa hal hebat yang telah dilakukan orang ini. Laporta telah membawa Barca dari era yang kelam menjadi sebuah tim terbesar sepanjang masa.

Laporta adalah sosok yang sangat megubah sejarah Barca. Ketika Barca hampir tengelam, ia dengan jeli melihat celah yang ditinggalkan presiden sebelumnya, Joan Gaspart. Ia kemudian mendatangkan Frank Rijkaard untuk menukangi Barca. Ia juga mendatangkan nama mega bintang, Ronaldinho.

Hasil dari semua itu adalah enam trofi di bawah Pep Guardiola, tiga produk remaja Barcelona di podium Ballon D’Or. Mungkin prestasi Laporta ini akan sulit disamai oleh sosok manapun.

Namun Laporta harus lengser dari kursi kepresiden pada tahun 2010 karena kontroversi yang membuatnya harus berhadapan dengan kamarahan fans. Dan saat ini ia siap kembali mengambil laih tongkat kekeuasaan tertinggi Barca. dan tampkany tak banyak yang berubah dari Laporta. Sosok ini selalu bisa memprovokasi dan berkata-kata pedas dengan entengnya.

Dalam sambutannya awal kampanyenya ia berbicara berkobar-kobar, mengaitkan Bartomeu dengan era Rosell yang memalukan dan menuduhnya menjadi bajingan korup, asal mula semua masalah hukum yang diderita klub dan fakta bahwa dia menggantikan kemeja sponsor UNICEF dengan Qatar Airways. Laporta pun datang dengan membawa salah satu pahlawan Barcelona, Eric Abidal, sebagai direktur olahraga. Tentu ini akna menjadi salah satu upaya untuk menarik simpati publik Catalan. Cerdik!

Selain dua kandidat di atas, ada pula tiga nama lain yang diprediksikan hanya akan menjadi pelengkap saja.

Toni Freixa
Nama yang satu ini merupakan salah satu orang kepercayaan Rossel. Pada era kepemimpinan Rossel, ia menjabat sebagai kepala komunikasi klub. Ketika Bartomeu mengambil alih, ia pun didepak begitu saja. Dan sekarang ia berambisi untuk menjadi presiden.

Jordi Majo
Sosok yang satu ia sudah cukup makan asam garam di kabinet Barca. Bahkan ia sudah pernah mengikuti pemilu presiden sebelumnya pada tahun 2003 silam. Kala itu ia berada di urutan ketiga saat Laporta memenangi pemilu kala itu.

Dalam upayanya kali ini, Majo membawa nama Michael Laudrup untuk memimpin proyek olahraga. Majo juga berhasil membuat Madrid kebarakan jenggot saat ia mengklaim bahwa dirinya telah didekati oleh seseorang yang dekat dengan Sergio Ramos.

Agusti Benedito
Nama ini juga tak asing lagi. Ia sudah penah mengikuti pemilu presiden pada tahun 2003 silam bersama Jordi Majo. Ia berada di urutan kedua pada saat Rossel memenangi pemilu kala itu.
mengumpulkan hanya 14 persen suara.

Kita lihat saja siapa yang bisa menarik lebih banyak suara dari para suporter Barcelona pada tanggal 18 Juli nanti.

Penulis: | 10 Juli 2015 | Berita Bola