Login/Join

Ingin Jadi Presiden Barcelona? Ini Dia Syaratnya

Jika klub-klub lain tengah sibuk berburu pemain, maka tidak halnya dengan Barcelona. Jawara Liga Champions musim lalu yang sekaligus pemegang gelar treble winners tersebut malah tengah sibuk dengan pilpres mereka yang akan diadakan pada tanggal 18 Juli mendatang.

Mau tahu apa saja persyaratan minimal untuk bisa menjadi presiden Barcelona? Baiklah, jika ada yang berminat menjadi calon presiden Barca selanjutnya, maka siapkan kocek minimal Rp 1,14 Trilyun. Tak hanya itu, tentu untuk bisa menang, calon kadidat harus bisa meraih suara yang telah ditentukan. Lantas barapa jumlah suara minimal? Untuk bisa menang seorang kandidat harus mengantongi minimal pernyataan dukungan 2.534 anggota lainnya. Kenapa banyak sekali? Ini lantaran Barcelona menganut sistem pemilihan secara demokratis, yang juga melibatkan pada fans nya. Ya, fans yang telah terdaftar menjadi member resmi ikut serta memberikan suara mereka kepada calon yang diinginkan.

Barcelona adalah salah satu dari sedikit klub (bersama dengan Real Madrid, Athletic Bilbao, dan Osasuna) di mana para fans-lah yang berhak memilih presiden mereka. Selain harus terdaftar secara resmi, Fans Barca yang diberikan hak suara adalah yang telah berusia minimal 18 tahun. Saat ini Barca memiliki 144.756 socios (anggota). dan dari jumlah tersebut, baru hanya 109.637 yang berusia lebih dari 18. Jadi hanya 109.637 member yang diperbolehkan ikutan memilih calon presiden mereka.

Menariknya lagi, setiap anggota boleh mencalonkan diri sebagai kandidat presiden Barca dengan catatan seorang anggota harus mendapatkan mendapatkan 2.534 orang lain untuk menandatangani petisi yang mendukung pencalonan mereka. Dan seorang anggota yang ingin mencalonkan diri juga harus manyiapkan uang senilai Rp 1,14 Trilyun.

Uang ini nantinya digunakan sebagai jaminan atau yang dikenal sebagai “aval”. Jadi misalnya klub mengalami kerugian finansial dalam satu tahun fiskal, maka presiden dan anggota dewan harus menggunakan dana “aval” dari capres tadi untuk menebus kerugian. Namun jika klub tidak merugi, maka mereka bisa mendapatkan kembali “aval”-nya ketika mereka telah turun dari jabatan kepresidenan.

Perihal dana “aval” ini telah dicantumkn dalam undang-undang federal yang disahkan kembali pada tahun 1990. Unddang-undang tersebut berbunyi: “setiap presiden (bersama dengan dewan) dari klub olahraga dengan model dipilih oleh anggota ini harus memiliki minimal 15% dari anggaran tahunan klub.”

Undang-undang “aval” ini dirancang untuk mencegah seseorang mencalonkan diri menjadi presiden untuk sekedar menjarah klub. Ada yang tertarik mencalonkan diri?

Penulis: | 9 Juli 2015 | Berita Bola