Login/Join

Messi Tolak Penghargaan Pemain Terbaik Copa America 2015

Leonel Messi dikabarkan menolak dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Copa America 2015. Penolakan Messi di kabarkan karena kekecewaan Messi karena gagal membawa argentina meraih trofi Copa America 2015, setelah kalah dalam adu pinalti saat melawan Chili di final ,Minggu (6/7) pagi WIB. Saat itu Messi adalah eksekutor pinalti Argentina yang berhasil menceploskan bola ke gawang.

Tak ada yang meragukan kapasitas Leonel Messi dalam bermain sepak bola. Penampilan pemain yang pernah meraih 4 kali penghargaan Balon d’Or (penghargaan pemain terbaik sepak bola) di Copa America 2015 nyaris sempurna. Walaupun hanya bisa membobol gawang lawan satu kali dari enam kali berlaga, Leonel Messi dinilai berperan penting dalam setiap laga Argentina. Messi empat kali meraih gelar man of the match(pemain terbaik suatu laga) dari enam laga yang di laluinya. Karena performanya yang luar biasa itulah makanya CONMEBOL mendapuknya sebagai pemain terbaik di Copa America 2015 ini.

Namun, menurut BeIN Sport, kekalahan di final membuat Messi sangat sedih dan kecewa. Sehingga ia tidak mau menerima penghargaan MPV yang di berikan kepadanya. Alhasil panitia kembali menyimpan trofi tersebut ketimbang memberikannya kepada pemain lain.

Hal ini bukan pertama kalinya Messi melakukannya di Copa America 2015. Saat pertandingan melawan Paraguay di penyisihan grup, Messi di daulat ole CONMEBOL sebagai man of the match, namun Messi menolak menerimanya. Melihat sang kapten menolak menerima penghargaan man of the match, pemain argentina yang lain pun menolah penghargaan itu dan akhirnya penghargaan diserahkan pada Nelson Valdez (pemain Paraguay)

Akibat penolakan Messi atas gelar pemain terbaik turnamen, CONMEBOL bertindak di luar kebiasaan. Badan sepakbola Amerika Selatan itu tidak memberikan gelar itu pada siapa pun. Padahal, MVP Copa America sudah menjadi penghargaan individual rutin sejak 1987. Pemain terakhir yang mendapatkannya adalah Luis Suarez (Uruguay).

Hal ini mungkin dipengaruhi kejadian tahun lalu saat Messi di daulat memenangi trofi Bola Emas Piala Dunia 2014. Meskipun berdasarkan statistik La Pulga memang jadi pemain paling berpengaruh, banyak yang menyebut kala itu penghargaan diberikan padanya demi rencana marketing semata.

Pada akhirnya Messi belum bisa memberikan gelar juara untuk timnas Argentina Senior. Ia hanya pernah membawa La Albiceleste meraih juara di level junior tepatnya di Piala Dunia U-20 tahun 2005 silam dan di ajang Olimpiade pada tahun 2008.

Penulis: | 8 Juli 2015 | Berita Bola