Login/Join

Menanti Super Cup Eropa

Masih ingat Super Cup tahun lalu mempertemukan Real Madrid vs Sevilla? Tahun ini turnamen itu untuk kali kedua berurutan akan menjadi sesama klub Spanyol. Kapan? Di mana? Di Boris Paichadze Dinamo Arena, Tbilisi, Georgia, 11 Agustus 2015.

Piala Super Cup UEFA adalah pertandingan yang mempertemukan juara Liga Champions melawan juara Liga Europa, kasta kedua kompetisi antar klub benua eropa. Pada tahun ini juara Liga Champions 2015, FC Barcelona akan ditantang juara Liga Europa, Sevilla yang akan diadakan di Boris Paichadze Dinamo Arena, Tbilisi, Georgia, 11 Agustus 2015. Tahun lalu Sevilla juga muncul di turnamen elit ini menantang Real Madrid dan kalah 2-0. Kedua hasil gol Cristiano Ronaldo.

Georgia terletak disalah satu negara pecahan Uni Soviet. Georgia terletak di tepi Laut Merahdiapit oleh Turki, Armenia, dan Aljerbaijan

Dalam Sejarahnya, Super Cup UEFA pernah selama 15 kali tampil berturt-turut di kandangnya AS Monaco, Stade Louis II, antara tahun 1998 dan 2012. Kini, tempat diadakannya Super Cup UEFA
Pada dua tahun sebelumnya Super Cup UEFA berlangsung di Stadion Eden Praha dan Stadion Cardiff City Wales. Pada tahun 2015 ini, Super Cup UEFA akan dilaksanakan di Georgia. Hal ini menjadi kesempatan pertama untuk melaksanakan pertandingan sepakbola UEFA setelah sebelumnya pernah menjadi tuan rumah final UEFA Cup Futsal 2013 (di mana FC Barcelona kalah di semifinal).

Tercatat Barcelona sekarang telah berhasil menjalani Super Cup UEFA yang ke sembilan. Jika Barcelona berhasil memenangkan Super Cup UEFA, maka mereka akan menyamai rekor AC Milan, yang tercatat satu-satunya klub sebagai pemenang luma kali Super Cup UEFA.

Barcelona menang pada tahun 1992, 1997, 2009 dan 2011 tetapi kalah pada tahun 1979, 1982, 1989 dan 2006 – saat mana mereka kalah 3-0 vs Sevilla di final sesama Spanyol (juga kekalahan satu-satunya Blaugrana ketika masuk ke pertandingan sebagai pemegang Piala Eropa).

Sevilla maju sebagai juara Liga Europa untuk musim kedua menyusul kemenangan mereka di Warsawa, Polandia, melawan FC Dnipro Dnipropetrovsk.

Di Cardiff tahun lalu, mereka kalah 2-0 vs Real Madrid CF dalam apa yang menjadi penampilan ketiga mereka dalam pertandingan serupa.

Klub Andalusia itu mengalahkan Barcelona 3-0 pada tahun 2006, namun 12 bulan kemudian menyerah 3-1 melawan AC Milan dalam sebuah pertandingan yang dibayangi oleh kematian pemain Sevilla Antonio Puerta tiga hari sebelumnya.
Apapun yang terjadi pada tanggal 11 Agustus, Spanyol akan memperpanjang keunggulan mereka sebagai bangsa peraih trofi Super Cup terbanyak.

Mereka sudah memiliki pemenang terbanyak, 11, dan jumlah penampilan klub tersering, 20, sebuah statistik yang dijamin meningkat menjadi 12 dan 22 masing-masing tahun ini.

Dalam 15 pertandingan Piala Super ini, skor 8-7 berpihak kepada pemegang Liga Champions berkat kemenangan Real Madrid tahun 2014 melawan Sevilla. Jadi, pada banyak kesempatan, Super Cup adalah kesempatan bagi juara Liga Europa untuk mempermalukan juara Liga Champions.

Penulis: | 8 Juli 2015 | Berita Bola