Login/Join

Gold Cup – Turnamen Tandingannya Copa America

Saat ini tengah berlangsung gelaran Copa America di Chili. Ajang tersebut pun sudah masuk ke fase semifinal. Bahkan satu tiket final sudah dikantongi oleh tuan rumah Chili setelah dalam partai semifinal kemarin berhasil menundukkan Peru dengan skor tipis 2-1. Jatah satu tiket lagi akan diperebutkan oleh Argentina dan Paraguay yang akan saling sikut dalam laga semifinal hari ini.

Copa America sendiri akan usai pada tanggal 4 Juli mendatang. Namun setelah itu masih ada turnamen lain yang menanti. Namanya adalah Gold Cup. Turnamen ini akan digelar pada 7 Juli mendatang. Nah dalam gelaran tersebut Jamaika dan Meksiko akan ambil bagian. Lantas apa sih bedanya Gold Cup dengan Copa America?

Copa America adalah turnamen yang diselenggarakan oleh Conmebol, asosiasi bola Amerika Selatan. Sementara Gold Cup turnamen milik Concacaf, asosiasi sepakbola Amerika Tengah, Utara, dan Karibia. Oke, sejauh ini sudah paham bedanya kan.

Conmebol sendiri singkatan bahasa Spanyol dari Confederación Sudamericana de Fútbol atau Konfederasi Sepakbola Amerika Selatan. Concacaf singkatan dari Confederation of North, Central American and Caribbean Association Football atau Konfederasi Asosiasi Sepakbola Amerika Utara, Amerika Tengah dan Karibia.

Lantas kok bisa Jamaikan dan Meksiko ikutan nagkring di turnamen tersebut. Padahal kan kedua negara tersebut masuk zona Conmebol. Alasannya dalah kedua negara tersebut mendapat undangan khusus dari Concacaf untuk ikutan meramaikan Gold Cup.

Jadi ceritanya gini, Gold Cup tahun ini sebenarnya mengundang Meksiko dan Jepang. Namun Jepang enggan untuk ikut berpartisipasi dalam turnamen tersebut, lantas jatah undangan Jepang diberikan kepada Tiongkok. Namun ternyata jadwalnya bersamaan dengan kualifikasi Piala Dunia zona Asia. Jadilah Tiongkok mengundurkan diri. Nah lantas untuk mengisi kekosongan tersebut, maka dipilih Jamaika, negara yang dulu pernah disangka merupakan bagian dari benua Afrika oleh Edinson Cavani.

Nantinya pemenang dari Copa America dan Gold Cup akan tampil di FIFA Confederation Cup 2017. Ini merupakan sebuah turnamen yang mempertemukan juara-juara dari semua benua yang antara lain adalah pemenang Euro 2016 di Prancis tahun depan, juara Copa America, juara Gold Cup, juara Piala Dunia 2014 Jerman, tuan rumah Rusia, dan juara AFC Australia. Dua peserta lainnya adalah juara dari Oseania dan juara Afrika.

Penulis: | 1 Juli 2015 | Berita Bola