Login/Join

Finish Urutan Ketujuh, Sampdoria Malah Lolos Ke Liga Europa

Hoki, kata yang tepat untuk Sampdoria musim lalu. Meskipun tim tersebut finish di urutan ketujuh, namaun Sampdoria dinyatakan lolos ke Liga Europa. Kok bisa? Padahal jatah Liga Europa hanya sampai klub yang finish di urutan kelima.

Ternyata Scudetto-nya Juventus musim ini membawa berkah bagi Sampdoria. Juve yang sudah menjadi juara Serie A tentu otomatis sudah mendapat jatah ke Liga Europa. Nah Juve juga menjadi pemenang Coppa Italia, dimana juara Coppa Italia berhak mendapat satu tiket ke Liga Europa. Karena Juve sudah lolos, maka jatahnya diberikan kepada tim runner up yakn Lazio. Namun Lazio juga sudah lolos ke Liga Europa lantaran finish di urutan ketiga. Otomotis Lazio lolos ke zona Liga Champions meskipun harus ikut playoff dulu.

Jadi, secara geser-geseran posisi, maka yang berhak lolos selanjutnya adalah Genoa yang ada di urutan berikutnya. Namun masalahnya Genoa tidak memiliki lisensi Eropa gara-gara telat memasukkan daftar nama stadion yang akan dijadikan lokasi kandang. Ini lantaran stadion Luigi Ferraris, stadion yang mereka gunakan selama ini tidak memenuhi standar FIFA.

Hingga batas waktu yang ditentukan, Genoa tak kunjung memasukan nama kandang sehingga jatahnya harus diberikan kepada tim urutan beikutnya, yakni Sampdoria yang berada di urutan ketujuh. Sebenarnya Sampdoria sama-sama menggunakan Stadion yang sama dengan Genoa, namun untungnya Sampdoria berhasil menemukan stadion yang bisa mereka pakai untuk laga di Liga Europa nantinya. Stadion baru Sampdoria tersebut adalah Mapei Stadium milik Sassuolo.

Peluang Sampdoria sempat hampir hilang lantaran kasus pengaturan skor pada musim 2011/2012 yang menyebabkan Sampdorian harus dikurangi satu poin dan satu pemainnya, Stefano Guberti, dilarang main bola selama tiga tahun. Inter Milan yang berada di urutan kedelapan tentu berharap Sampdoria gagal lolos. Namun apa daya, keputusan dari federasi sepakbola Italia, menyatakan Sampdoria berhak maju ke Loga Europa. Inter Milan patah hati, dan Sampdoria pun senang. Seperti itu kira-kira teknisnya Sampdoria bisa lolos ke Liga Europa musim depan.

Penulis: | 1 Juli 2015 | Berita Bola