Login/Join

Juara Liga Champions, Barcelona Raih Treble Winners Keduanya

Kekalahan Juventus dalam laga Final Liga Champions minggu malam waktu Berlin, nampaknya akan menyisakan kesedihan yang mendalam bagi para pemain Juventus. Pasalnya final tersebut merupakan penantian panjang mereka selama ini. Sudah lebih dari 10 tahun Juventus tak pernah menyentuh partai Final Liga Champions. Dan laga malam tersebut adalah harapan mereka untuk membawa pulang trofi Champions.

Namun sayang, harapan tak seindah kenyataan. Barcelona yang tampil dominan menjadi mimpi buruk anak-anak Juventus. Tiga gol yang masing-masing dilesatkan oleh Ivan Rakitic, Luis Suarez dan Neymar sukses mengubur mimpi Juventus untuk meraih gelar ketiganya musim ini.

Dengan kemenangan tersebut, justru Barca lah yang menutup musim ini dengan predikat Treble Winners. Satu trofi La Liga, satu trofi Copa del Rey dan dilengkapi dengan trofi Liga Chamipions. Ini sekaligus menjadi treble winners Barca untuk kedua kalinya setelah edisi pertama di bawah naungan pelatih Bayern Munchen saat ini, Pep Guardiola.

Bahkan jika dilihat verdasarkan statistik, Barca pantas disebut tim terbaik dunia saat ini. Catatan maneunjukkan bahwa Barca menjadi tim tersukses dalam 10 tahun terakhir ini. Dalam kurun waktu 10 tahun, Barca berhasil merengkus empat kali trofi Liga Champions. Catatan tersebut terasa semakin istimewa dikala fakta membuktikan bahwa tak ada tim yang mampu meraih juara Champions lebih dari satu kali dalam 10 tahun terakhir. Ini artinya hanya Barca yang mampu meleawati rekor tersebut. Tak hanya sekali, bahkan empat kali. Sebuah catatan yang fantastis.

Secara total Barca telah megemas total lima kali trofi Liga Champions. Empat trofi Liga Champions yang diraih Barca dalam kurun waktu 10 tahun terakhir masing-masing terjadi pada tahun 2006 kala Barca menekuk Arsenal di final dengan skor 2-1. Kemudian trofi selanjutnya pada tahun 2209 kala Barca mengandaskan mimpi Manchester United dengan kemenangan mutlak 2-0 di partai final. Trofi selanjutnya hadir pada tahun 2011, dan lagi-lagi mengandaskan harapan Manchester United dengan skor 3-1. Dan yang terakhir adalah pada laga minggu malam kemarin, dengan mengalahkan Juventus 3-1. Selamat untuk Barcelona!

Penulis: | 8 Juni 2015 | Berita Bola