Login/Join

Urutan Ke-12 Liga Inggris Lolos ke Liga Eropa

West Ham salah satu kontestan Liga Primer musim ini dinyatakan lolos ke Liga Eropa, padahal tim tersebut finish di urutan ke-12 musim ini. Kok bisa? Ternyata usut punya usut, West Ham mendapatkan satu jatah Fair Play Table. Apa itu Fair Play Table?

Fair Play Table adalah sejenis instrumen penilaian untuk tim yang tampil terpuji dalam satu musim kompetisi. Fair Play Table ini mengambil lima aspek penilaian yaitu jumlah kartu merah dan kartu kuning kartu, permainan positif, respect terhadap lawan, respect terhadap wasit dan perilaku pejabat tim.

West Ham lolos setelah Liga Inggris menempati posisi kedua Fair Play Table di belakang Liga Belanda, dengan Republik Irlandia duduk di posisi ketiga.

Dengan berada di urutan kedua dalam Fair Play Table berarti Inggris mendapat satu jatah lagi untuk tiket ke Liga Eropa. Sejatinya West Ham berada di urutan kedua Fir Play Tabel di Liga Primer Inggris, masih satu tingkat di bawah Liverpool. Namun Liverpool sendiri sudah dinyatakan lolos terlbih dahulu ke Liga Eropa, oleh karena itu jatahnya diberikan ke West Ham.

Lolosnya West Ham ke Liga Eropa berarti akan membuat tim tak punya banyak waktu untuk menyiapkan segala sesuatunya. West Ham akan mulai bertarung pada bulan Juli dalam persaingan kualifikasi pertama Liga Eropa yang akan diikuti oleh 104 tim perwakilan masing-masing negara.

West Ham akan memainkan musim terakhir mereka di Upton Park sebelum pindah ke Stadion Olimpiade mulai musim 2016/2017.

West Ham sendiri saat ini tengah memburu sosok pelatih yang akan menggantikan Sam Allardyce yang tak mendapat tawaran perpanjangan kontrak. Sejumlah nama yang menjadi incaran West Ham adalah Slaven Bilic, Marcelo Bielsa dan David Moyes.

Ketua bersama West Ham, David Sullivan dan David Gold mengatakan bahwa mereka senang bisa lolos ke Liga Eropa dan mereka ingin memberikan perpisahan terbaik untuk publik Boleyn Ground. Musim baru di awal Juli nanti akan menjadi tantangan, tapi semua orang di klub akan menikmati kesempatan klub bermain di panggung eropa. Ini akan menjadi sebuah pengalaman yang luar biasa bagi West Ham.

Penulis: | 30 Mei 2015 | Berita Bola