Login/Join

Barcelona Ternyata Punya Utang Menumpuk!

Gawat! Wakil Presiden Barcelona Javier Faus tersinggung dan marah. Apa sebabnya? Kemarahan sang wakil Presiden Barca tersebut terjadi lantaran media membanding-bandingkan Barca dengan Bayern Munchen dalam hal utang piutang. Bayern tak memiliki hutang, namun Barca dianggap masih memiliki utang yang menumpuk.

Sang wakil presiden sendiri langsung mengklarifikasi tentang kabar tersebut. Barca memang sebelumnya memiliki hutang yang besaranya mencapai 280 juta euro atau sekitar Rp4,2 triliun. Namun jumlah tersebut sudah mengalami penurunan sejak 2010 yang mencapai 431 juta euro.

Kemarahan sang wakil presiden terjadi ketika ada yang menanyakan kenapa Barcelona masih punya utang yang cukup besar, sedangkan klub elit Bayern Munchen saja tak memiliki utang. Padahal keduanya sama-sama menjadi klub elit dunia.

Mendapat pertanyaan seperti itu, sang wakil presiden langsung bereaksi keras. Faus mengatakan bahwa Barca tak sama seperti Bayern Munchen. Barca tak mendapat dukungan dari beberapa perusahaan besar seperti Bayern Munchen.
Barcelona tidak dimiliki perseorangan. Barca sepenuhnya dimiliki oleh suporter mereka yang menjadi anggota resmi alias socios.

“Kami tidak iri kepada Bayern Munchen yang bebas utang. Kami adalah keajaiban dalam dunia sepakbola. Kami adalah klub terbaik dunia yang independen. Kami tidak memiliki dukungan perusahaan internasional seperti Bayern. Kami tidak memiliki Sheikh, bilioner atau perusahaan besar. Kami hanya memiliki diri kami sendiri,” terang Faus kepada Handelsblatt.

Situasi keuangan Barcelona memang membaik dalam beberapa tahun terakhir. Namun juga patut dicatat bahwa nyaris semua tim besar Eropa mengalami peningkatan yang sama karena booming industri sepakbola.

Tentu anda juga heran kenapa tim sebesar Barca bisa memiliki utang. Apa mungkin disebebkan karena pembelian sejumlah pemain bintang beberapa waktu lalu. Diketahui Barca merogoh kocek yang cukup dalam untuk mendatangkan nama-nama top seperti Neymar, Luis Suarez, dan Ivan Rakitic.

Padahal Barca sendiri merupakan salah satu klub terkaya di dunia. Ternyata titel sebagai jawara tak menjamin sebuah klub luput dari utang. Mungkin Barca akan segera melunasi utangnya dalam beberapa tahun ke depan.

Penulis: | 23 Mei 2015 | Berita Bola