Login/Join

Yang Terbaik Antara Ronaldo Dan Messi, Menurut Ferguson

Berbicara soal Dua Mega Bintang Sepakbola saat ini yakni Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi rasanya tak ada habisnya. Bahkan seorang Alex Ferguson sendiri memiliki penilaian tersendiri terhadap dua sosok tertajam di jadad sepakbola saat ini. Eks Manajer Mnachester United tersebut mencoba membandingkan antara keduanya.

Kita pasti setuju jika Cristiano Ronaldo maupun Lionel Messi merupakan pemain terbaik dunia. Keduanya memiliki kelebihannya masing-masing. Dan sudah barang tentu keduanya merupakan raja gol dan penentu sukses di klub masing-masing.

Namun bagi Sir Alex, Cristiano Ronaldo lebih teruji kemampuannya ketimbang Lionel Messi. Tentu hal tersebur diungkap Sir Alex bukan karena Ronaldo merupakan mantan anak asuhnya dulu di Manchester United. Sir Alex menilai Ronaldo lebih teruji karena sudah bermain di tiga Liga Berbeda, yaitu Liga Portugal, Liga Premier Inggris dan La Liga Spanyol. Di ketiga liga tersebut, Ronaldo pun berhasil menunjukkan kualitas permainannya.

Sedangkan Lionel Messi, belum cukup teruji, karena sejauh ini Messi hanya bermain di satu klub, yakni Barcelona. Messi memang hampir selalu tampil cemerlang dalam setiap laga bersama Barca, Namun bagi Sir Alex, penampilan impresif Messi dikarenakan dirinya telah lama bermain bersama rekan-rekannya, sehingga terjalin chemistry yang mendalam antar pemain Barca saat ini. Pertanyaannya adalah, Apakah Messi bisa tampil serupa jika bermain untuk klub lain?

Kepada BBC Sport, Sir Alex mnagtakan bahwa Ronaldo merupakan sosok yang kuat. Ia pun tak membantah jika baik Ronaldo atau Messi merupakan pemain terbaik dunia saat ini. Tapi satu hal yang menjadikan penilaiannya lebih condong ke Ronaldo adalah kemampuan bermain Ronaldo yang sudah teruji di tiga klub berbeda. Fergie menilai bahwa Ronaldo merupakan sosok yang hebat, ia bisa bermain bagus dan mencetak hattrick meskipun bermain untuk klub kelas bawah seperti Millwall, QPR, Doncaster Rovers atau klub mana pun.

“Ronaldo bisa menggunakan dua kaki, dia cepat, dia hebat di udara dan berani, meskipun Messi juga berani.” kata Ferguson

Bagi Fergie, Ronaldo adalah pemain lintas liga, sedangkan Messi adalah pemain Barcelona.

Tak bisa dipungkiri bahwa Fergie merupakan salah satu sosok yang berjasa memoles Ronaldo menjadi bintang besar ketika bersama Manchester United beberapa musim lalu.

Penulis: | 11 Mei 2015 | Berita Bola