Login/Join

Barcelona Tak Ada Apa-apanya Tanpa Messi

Berbicara tentang Barcelona, tentu kita tak bisa lepas dari sosok Lionel Messi. Pemain asal Argentina ini merupakan nyawanya Barcelona. Tak bisa dipungkiri jika Messi tak memperkuat Barca, maka permaianan mereka sedikit berbeda dari bisanya.

Bahkan ada yang bilang, Barca tanpa Messi = Tak ada apa-apanya. Setidaknya itulah yang ada di benak legenda Bayern Munchen Jean-Marie Pfaff.

Siapa sih Jean-Marie Pfaff? Kok berani sekali berbicara seperti itu. Jika anda belum tahu sosok yang satu ini. Yuk eknalan dulu. Jean-Marie Pfaff merupakan kiper legendaris, Bayern Munchen pada periode 1982 hingga 1988. Kiper ini mempunyai andil besar dalam kesuksesan Bayern kala itu. Bisa dibilang kiper gaek yang satu ini merupakan seniornya Oliver Kahn.

Pfaff mengatakan bahwa Barca memang tim yang hebat. Namun ia lantas mebandingakn jika bayern munchen lebih bagus dari barca. Ia menilai jika dilihat secara kolektivitas tim, Bayern lebih unggul dari Barca. Sosok domonan di tubuh Barca saat ini adalah Lionel Messi. Jika Messi tak diturunkan atau bermain dalam kondisi yang buruk, maka hasilnya akan berdampak langsung kepada permainan tim secara keseluruhan. Dengan kata lain, Barcelona menjadi tim yang kehilangan kekuatan begitu Messi tidak perform.

Menurut Pfaff, cara terbaik untuk mengalahkan Barcelona adalah dengan mematikan peran Messi. Lawan harus memutuskan aliran bola yang diarahkan kepada si pemain. Sebab ketika bola dalam penguasaan Messi sangat sulit bagi lawan untuk merebutnya.

“Barcelona adalah tim yang hebat. Tapi, secara kolektif, Bayern Munich lebih kuat. Jika Messi tidak memiliki hari yang bagus, setengah dari tim juga tak akan bermain bagus. Sang striker bisa bermain bagus, namun jika umpan tak kunjung datang, dia akan kesulitan,” ujar Pfaff seperti dilansir Four Four Two.

Lantas Pfaff sedikit menyombongkan Bayern yang dinilai tidak bergantung pada peran stu orang saja seperti Barca dengan Messi. Buktinya Bayern mampu mengalahkan Porto dengan skor telak 6-1 pada babak perempat final lalu. Padahal kala itu Bayern tak diperkuat oleh sejumlah pemain pilarnya seperti rjen Robben, Franck Ribery dan Bastian Schweinsteiger.

Ia menyebut skuad Bayern saat ini diisi oleh pemain-peain yang bagus dan memiliki kemampuan yang merata.

“Saya rasa, keseluruhan tim Bayern Munich, dari kiper hingga pemain lain bisa tampil dengan bagus,” tegas pria 61 tahun ini.

Penulis: | 28 April 2015 | Berita Bola