Login/Join

Bayern Kalah, Lahm Salahkan Pep Guardiola

Kekalahan Bayern atas Fc Porto pada laga leg pertama perempat final Liga Champioons dini tadi membuat kapten Bayern, Philipp Lahm angkat bicara. Menurut sang kapten, kekalahan Bayern tersebut disebabkan oleh kesalahan taktik sang pelatih, Pep Guardiola.

Laga perempapat final yang mempertemukan tuan rumah FC Porto melawan Bayern Munich di Stadion Estadio do Dragao benar-benar diluar prediksi sejumlah pengamat. Pasalnya Bayern Munich diprediksikan akan mampu mencuri kemenangan di kandang Porto. Namun prediksi tersebut semuanya salah. Ruan rumah Porto hadir dengan keperkasaannya, dengan menjungkalkan raksasa Jerman tersebut.

Sekana tak terima dengan hasil tersebut, kapten Bayern Munich, Philipp Lahm pun memberikan komentar yang menyudutkan sang pelatih, Pep Guardiola. Lahm menilai kekalahan telak yang dialaminya bersama rekannya tidak lepas dari taktik yang diterapkan pelatih Pep Guardiola. Lahm menilai taktik yang diusung Guardiola pada laga tersebut tidaklah tepat.

Menurut Lahm, taktik Guardiola, yaitu dengan membangun serangan dari belakang, sangat berbahaya jika menghadapi tim yang tampil disiplin dan ngotot.

“Kami selalu ingin membangun serangan dari lini belakang dan gaya seperti ini bisa berbahaya. Kami tidak bisa membuat alasan apa pun. Kami membuat kesalahan dalam taktik,” ujar Lahm kepada wartawan usai pertandingan.

Memang secara keseluruhan Bayern menguasai bola sebanyak 61 persen. Sementara Porto lebih banyak menunggu dan hanya mengawal pemain-pemain Bayern yang memegang bola. Nah, ketika Bayern kehilangan bola atau lengah, disitulah Porto melakukan serangan mematikan. Sementara di saat bersamaan lini pertahanan Bayern dalam kondisi terbuka.

“Kami tampak bagus ketika kami mencetak gol, tetapi ketika Porto mengubah skor menjadi 3-1, itu membuat kami kecewa. Semoga kami bisa melakukan perubahan pada leg kedua pekan depan,” katanya.

Kemenangan Porto ditentukan oleh gol Ricardo Quaresma pada menit ke-4 (penalti) dan ke-10 serta Jackson Martinez (65). Sementara satu gol balasan Bayern dicetak oleh Thiago Alcantara (28).

Peluang Bayern untuk lolos ke semifinal masih terbuka. Jika mereka menang 2-0 di leg kedua di kandang sendiri pekan depan, maka mereka maju ke babak empat besar. Sebagai tim besar yang sangat berpengalaman, peluang tersebut akan bisa digapai pasukan Guardiola.

Penulis: | 16 April 2015 | Gosip