Login/Join

Köln Dijatuhi Hukuman Karena Suporter Menyerbu Lapangan

Federasi sepak bola Jerman (DFB) menjatuhi hukuman denda kepada salah satu klub Bundesliga, Köln terkait insiden suporter Köln menyerbu lapangan di stadion tim lain. Köln harus dikenai sanksi denda dan penutupan sebagain stadion selama tiga pertandingan kandang.

Köln diharuskan membayar denda sebesar Rp 2,86 Milyar dan menutup dua bagian tribun berdiri untuk pertandingan liga melawan Hoffenheim, Bayer Leverkusen dan Schalke. Selain itu DFB juga memberikan hukuman tambahan yakni pemotongan jatah tiket Köln untuk laga-laga tandang mereka, serta semua tiket untuk laga tandang harus diberi identifikasi nama sampai dengan akhir musim.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, suporter Köln memang kerap kali berbuat ulah di lapangan saat tim kesayangannya berlaga. Tercatat ulah nakal suporter Köln terjadi di Duisberg pada ajang Piala Jerman pada 28 Oktober lalu, dan pada derby Rhine di Borussia Monchengladbach pada 14 Februari. Ketika itu para suporter Köln menyalakan petasan suar dan belasan suporter yang mengenakan kostum berwarna putih menyerbu lapangan. Akibat inseden tersebut bentrokan antara suporter dengan polisi pun tak terhindarkan. Selain bentrok dengan polisi, suporter nakal tersebut juga bentrok dengan staf keamanan dan suporter tuan rumah.

Sekitar 30 suporter Köln masuk ke dalam lapangan usai laga tandang melawan
Sekitar 30 penggemar Köln menyerbu ke dalam lapangan usai laga tandang melawan Borussia Moenchengladbach pada bulan februari silam. Tindakan nakal para suporter Köln tersebut adalah bentuk protes terhadap hasil akhir pertandingan yang dinilai tidak fair untuk tim tamu.

Para suporter Köln yang masuk ke dalam lapangan kebanyakan mengenakan kostum putih-putih dengan wajah yang ditutupi oleh masker atau topeng. Kembang api suar juga dilemparkan ke lapangan dalam kekacauan tersebut. Namun untungnya situasi bisa dengan cepat diamankan oleh polisi anti huru hara. Tindakan pengamanan juga dilakukan oleh beberapa petugas lapangan yang nampakn sedikti kesal atas ulah para suporter nakal tersebut. Semoga sanksi yang diberikan mampu memberi efek jera kepada para suporter nakal tersebut.

Penulis: | 19 Maret 2015 | Berita Bola