Login/Join

Kemenangan Pertama Bhutan di Kualifikasi Piala Dunia 2018

Pernah mendengar nama negara Bhutan? Mungkin sebagiana besar dari anda masih sangat asing dengan nama negara ini. Negara yang terletak diantara Tiongkok dan India, baru saja bergabung dengan FIFA pada tahun 2000. Di kancah sepakbola Bhutan sejauh ini baru menjalani 18 laga intrnational sejak tahun 2008 silam. Hari kamis lalu, negara mungil ini baru saja mencatatkan hasil yang bisa dibilang membanggakan. Bhutan, negara sepakbola terlemah senatero jagat, akhirnya berhasil mencatatkan kemenangan saat babak kualifikasi pertama untuk Piala Dunia 2018 dimulai. Kemenangan tersebut sekaligus menjadi kemenangan pertama mereka melawan negara lain sejak kemenangan 3-1 atas Afghanistan pada tahun 2008.

Dalam laga kualifikasi yang berlangsung hari kamis lalu, Bhutan mampu mengalahkan tuan rumah Srilanka dengan skor akhir 1-0. Laga yang berlangsung di ibukota Colombo tersebut menjadi momen penting bagi Bhutan mengingat lawan mereka secara kualitas lebih bagus dari mereka. Srilank tercatat berada 36 tingkat lebih di atas Bhutan yang saat ini menempat posisi bawah di peringkat 209 dunia.

Satu-satu gol dalam laga tersebut dicetak oleh pemain Bhutan yang bernama Tshering Dorji. Ia mencetak gol kemenangan saat laga tersisa hanya tinggal enam menit. Kemenangan leg pertama babak kualifikasi Piala Dunia 2018 tersebut bisa menjadi awal yang baik bagi negera dengan kualitas sepkbola terlemah tersebut.

Sebenarnya lebih dari satu dekade lalu Bhutan juga menorekan kemenangan kala melawan Montserrat dan Guam di Stadion Changlimithang, Thimphu. Tempat itu, lebih terkenal dengan sebutan Royal Pavilion, tertutup salju di sekelilingnya dan merupakan arena dari olahraga nasional mereka, panahan, adalah lokasi untuk leg kedua pekan depan.

Selain Bhutan, ada pula sejumlah negara mungil lainnya yang mencatat hasil positif.

Brunei (188) 1 – 0 Taiwan (178)
Kamboja (181) 3 – 0 Macau (187)
India (173) 2 – 0 Nepal (180)
Yaman (175) 3 – 1 Pakistan (170)
Timor Timur (185) 4 – 1 Mongolia (1950

Kemenangan Timor Timur tersebut menjadi kemenangan pertama mereka di kualifikasi Piala Dunia.

Penulis: | 16 Maret 2015 | Berita Bola