Login/Join

Ini Kata Mantan Pemain MU Tentang Pola Permaianan yang Diterapkan Gaal

Mantan gelandang Manchester United, Paul Scholes memberikan komentar seputar strategi yang diusung Louis Van Gaal dalam digunakan dalam beberapa laga terakhir Manchester United. Van Gaal emncoba meniru gaya permainan Barcelona dalam beberapa laga terakhir MU.

Paul Scholes menilai apa yang telah dilakukan oleh Van Gaal merupakan sebuah langkah baru untuk memperbaiki performa timnya. Ia menilai taktik bermain ala Barcelona yang diusung Van Gaal sudah benar, namun semua itu tak berjalan bagu karena Manchester United tidak memiliki pemain-pemain yang cocok untuk gaya seperti itu.

Scholes menilai eksperimen yang dilakukan oleh sang pelatih tak akan berjalan dengan baik karena tidak didukung oleh pemain yang mumpuni. Gaya Barcelona yang dimaksud Scholes adalah membiarkan bek tengah bermain melebar. Dengan demikian bek sayap bisa lebih didorong untuk membantu serangan dari sayap, seperti yang dilakukan oleh Dani Alves dan Jordi Alba di Barcelona.

Menurut Scholes, Van Gaal dianggap terlalu memaksakan para pemainnya untuk mengadaptasikan pola permainan Barcelona. Gaal kurang memahami situasi tim nya saat ini. The Red Devil saat ini dinilai belum memiliki pemain dengan kualitas yang cukup bagus untuk menjalankan pola permainan ala Barcelona tersebut.

“Dalam beberapa pekan terakhir, saya melihat Van Gaal mencoba menerapkan gaya permainan Barca untuk MU. Bek tengah bermain melebar, dan bek sayap rajin menekan ke depan untuk membantu tim membuka jalur umpan. Taktik ini terbukti efektif menghadapi tim yang lebih lemah, namun patut dipertanyakan keberhasilannya saat lawan yang dihadapi adalah tim kuat,” tulis Scholes seperti dilansir London Evening Standard.

“Untuk bermain dengan gaya seperti ini, sebuah tim harus benar-benar bermaterikan skuat yang luar biasa. Barca bisa lancar menerapkan taktik tersebut karena punya pemain dengan kualitas yang dibutuhkan serta sudah menerapkannya selama bertahun-tahun. United sudah berbelanja 220 juta Pounds dalam tiga jendela transfer terakhir, namun saya tetap ragu mereka punya pemain yang dibutuhkan untuk membuat sistem Van Gaal bekerja,” tambah Scholes.

Penulis: | 16 Maret 2015 | Gosip