Login/Join

Samuel Eto’o Pernah Dikira Sebagai Tukang Tipu Nigeria

Eks bintang Barcelona, Samuel Eto’o dikabarkan pernah menjadi sasaran rasialisme di luar lapangan hijau. Ia pernah disangka sebagai tukang tipu asal Nigeria. Seperti apa kisahnya? Simak kisahnya berikut ini.

Kala itu Samuel Eto’o pergi ke sebuah toko jam tangan mewah di kawasan pemukima orang-orang kaya di London barat untuk membeli sebuah arloji mewah. Dari awal masuk toko, Samuel Eto’o dan saudaranya merasa sudah mendapat tatapn berbeda dari pegawai toko tersebut. Ketika ia bertanya apakah ia bisa melihat jam tangan yang ia taksir, lantas sang penjaga toko tak langsung memberikannya. Penjaga toko tersebut tampak awalnya ragu-ragu dan menengok reka kerjanya. Tapi akhirnya Samuel Eto’o diizinkan untuk melihatnya.

Merasa cocok dengan pilihannya, Samuel Eto’o pun memutuskan untuk membeli jam tangan tersebut. Ia lantas mengeluarkan kartu kredit miliknya. Sang penjaga tadi pun pergi untuk menggesek kartu kredit tersebut ke mesin lalu kembali kepada Samuel Eto’o sembari berkata jika kartu kreditnya ditolak.

Samuel Eto’o lantas bertanya apa yang menjadi permasalahannya. “Apakah kartu kreditnya ditolak atau si penjaga tokok yang tak mau menerimanya?”
Samuel Eto’o mengatakan, seperti dikutip CNN, “Saudara saya lalu bertanya, ‘Apa yang terjadi?’ Dan dia berkata, ‘Tidak, tidak ada.’ Tapi dia berkata, ‘Tidak, ketika saya masuk, saya melihat bagaimana kalian semua melihat kami…. Saudaraku mampu membayar ini dan cara Anda memperlakukan dia menunjukkan bahwa Anda berpikir hanya karena dia hitam, dia tidak mampu membayar jam tangan ini.”

“Wanita itu kemudian keceplosan ngomong, ‘Tidak, hanya saja kami memiliki beberapa orang Nigeria di toko beberapa hari lalu yang datang dengan kartu kredit palsu.”

“Saya tidak tahu apakah Anda bisa membayangkan dampak yang dia katakan. Jika salah satu dari orang seperti saya berbuat kesalahan, mereka menganggap kami semua begitu. Saya tidak berpikir dia rasis, tapi dia menyamaratakan semua orang kulit hitam sebagai ‘orang-orang itu’.”

Pemain yang kini terdaftar sebagai pemain ketujuh terkaya di dunia tersebut hanya bisa tersenyum jika mengingat kejadian tersebut. Nampak sang penjaga toko tidak kenal dengan sosok Eto’o kala itu.

Penulis: | 13 Maret 2015 | Gosip