Login/Join

Lee Seung-Woo – Calon Bintang Sepakbola Asia

Korea Selatan merupakan salah satu peta kekuatan sepakbola asia yang tangguh. Sejumlah prestasi pun pernah direngkuh oleh tim negeri gingseng tersebut. Tiga kali menjuarai turnamen Piala Asia Timur (EAFF Cup), tiga medali emas Asian Games, dan sepasang trofi Piala Asia. Dan yang paling spektakuler tentu saat tim sepakbola Korsel berhasil melaju ke babak semifinal Piala Dunia 2002 silam. Pemain-pemain asal Korsel pun kemudian banyak diburu oleh tim-tim Eropa. Sebut saja nama Cha Bum-kun, Hwang Sun-hong, Lee Chun-soo, Ahn Jung-hwan, hingga yang paling tersohor, Park Ji-sung. Nama-nama besar tersebut mampu mengharumkan korsel di kancah sepakbola dunia.

Publik sepakbola dunia sedang dibuat heboh oleh kehadiran seorang ocah ajaib asal Korsel yang mampu menghiasi headline sejumlah media olahraga di dunia. Nama anak ajaib tersebut adalah Lee Seung-Woo. Ia merupakan salah satu pemain muda yang diperkirakan akan bersinar di masa datang. Saat ini ia sedang menimba ilmu di akademi pembinaan pemain usia muda milik Barcelona, La Masia.

Lee Seung-Woo lahir di sebuah kawasan dengan populasi penduduk terbesar di Korsel, Gyeonggi-do. Minatnya terhadap sepakbola sudah terlihat saat ini masih balita. Orang tuanya rajin mengajak Seung-Woo menonton sepakbola di stadion Incheon. Saat usia empat tahun ia pun berkesempatan untuk menonton Piala Dunia 2012 yang kebetulan saat itu digelar di Korsel. Barulah pada usia sepuluh tahun, ia merintis karir awalnya di dunia sepakbola. Dengan dukungan penuh dari sang rang tua, ia akhirnya dimasukkan ke akademi klub lokal tempatnya menetap, Incheon United. Melalui skillnya yang memukau, Ia lantas menjadi pemain andalan tim Incheon Junior. Ia pun mewakili timnya berlaga di Danone Nations Cup 2011, yang dihelat di Afrika Selatan. Tanpa disangka, ternyata performa apiknya menarik minat pemandu bakat Barcelona, Albert Puig.

Namun Puig tak serta merta menariknya ke La Masia. Ia masih ragu untuk menarik Seung-Woo kala itu. Namum seakan sudah ditakdirkan, timnas Korsel U-12 yang kala itu juga dibela oleh Seung-Woo mendapat kesempatan uji coba dengan tim junior Barca. Momen itulah yang menjadi panggung milik Seung-Woo untuk menunjukkan bakatnya kepada pemandu bakat dan jajaran direksi Barca. Pada 1 Juli 2011 Lee Seung-Woo resmi direkrut Azulgrana bersama dua rekannya, Paik Seung-Ho dan Jang Gyeolhee atas persetujuan orang tua ketiga pemain dan FA Korsel.

Saat ini Barca telah resmi mengontrak Lee untuk tiga musim lamanya pada bursa musim panas lalu. Dalam klausul kontrak senilai €12 juta, Seung-Woo diperbolehkan untuk berlatih dan mengikuti serangkaian partai uji coba bersama tim senior. Namun ia baru akan melakoni debut profesional selepas usianya 18 tahun. Asal saja Lee Seung-Woo tetap bekerja keras untuk maeraih impiannnya, bukan hal yang mustahil, di masa mendatang namanya akan menjadi legenda sepakbola asia bahkan dunia. Kita tunggu saja kiprahnya.

Penulis: | 6 Maret 2015 | Berita Bola